• Contact
  • Daftar Isi
  • Privacy Policy

MAC Address

 on Sunday, August 14, 2016  

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. (diambil dari wikipedia.org)


Diambil dari transiskom.com, MAC ADDRESS diartikan sebagai alamat fisik suatu interfacejaringan (seperti ethernet card pada komputer, interface/port pada router, dan node jaringan lain) yang bersifat unik  dan berfungsi sebagai identitas perangkat tersebut.

MAC ADDRESS ini ditanamkan oleh produsen (pabrikan) perangkat jaringan (NIC), kedalam Read Only Memory (ROM) tersebut. Sehingga tiap device akan memiliki alamat berbeda, meskipun versinya sama.

MAC Address ini memiliki panjang 48 bit (6 Byte). 24 bit pertama dari MAC address menunjukkan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam MAC Address.

Agar komputer dan perangkat jaringan lain bisa saling berkomunikasi, maka data yang dikirim melalui jaringan harus memiliki MAC Address. Tetapi, agar komunikasi jaringan lebih mudah dan sederhana, digunakanlah IP Address. Karena komunikasi jaringan menggunakan MAC Address, maka alamat IP tersebut harus diterjemahkan ke MAC Address  Nah, maka dari itu dibuat sebuah protokol yang dikenal dengan ARP (Address Resolution Protocol) yang bertugas untuk menerjemahkan IP Address menjadi MAC Address  sehingga komputer pun bisa saling berkomunikasi.

MAC Address 4.5 5 Unknown Sunday, August 14, 2016 MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisa...

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: MAC Address
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi mengenai MAC Address bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme